image1 image2 image3 image4 image5 image6

EVERY NEW DAY IS ANOTHER CHANCE|ANOTHER CHANCE TO #CHANGE|#CHANGE IS NEVER EVER EASY|YOU FIGHT TO HOLD ON|AND YOU FIGHT TO LET GO|PROGRESS IS IMPOSSIBLE|WITHOUT #CHANGE|WE NEED WE WANT WE HAVE TO #CHANGE|BETTER #CHANGE JUST START

#menyapaSugapa Prolog 1 : Tentang KKN

Sebelum melangkah lebih jauh. Mungkin alangkah baiknya saya menjelaskan dan mendefinisikan beberapa hal tentang KKN yang akan sering disebut disini.

KKN-PPM = Kuliah Kerja Nyata - Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat, kegiatan pemberdayaan masyarakat oleh mahasiswa yang kalau di UGM normalnya dilaksanakan dua bulan, antara bulan Agustus-September di berbagai pelosok di tanah air.

PPA-01 = adalah kode tim kami. PPA berasal dari singkatan nama provinsi yaitu Papua. Kalau teman-teman melihat ada yang NTB-01 berarti dia di provinsi Nusa Tenggara Baru. Kalo 01 berarti kita tim paling keren di Papua (canda.. hehe). Enggak ada yang tau kenapa kita dapat nomor 01. Tapi sih kayanya karena paling keren.

Unit = Unit adalah nama untuk satu kelompok KKN. Normalnya satu unit ada 20-30 orang

Kormanit = Koordinator Mahasiswa Unit. Ketua kelompok unit lah

Klaster = Jadi satu tim KKN akan dibagi menjadi empat klaster tergantung fakultasnya di UGM. Kalau Klaster Saintek (Teknik, MIPA, Biologi, Geografi), Agro (Teknologi Pangan, Peternakan, Pertanian, Kedokteran Hewan, Kehutanan), SosioHumaniora (Isipol, FEB, FIB, Psikologi, Filsafat) dan Medika (Kedokteran, Farmasi, dan Kedokteran Gigi)

Kormater = Kordinator Mahasiswa Kluster. Ketua Klaster lah

Sub-Unit = Ini agak rumit untuk dijelaskan. Jadi di tempat KKN itu kita biasanya ditempatkan di satu kecamatan, membawahi beberapa desa. Tiap desa ditangani oleh satu Sub Unit. Gampangnya Sub Unit adalah kelompok kecil yang bergerak di satu desa.

Kormasit = Koordinator Mahasiswa SubUnit. Ketua Sub Unit.

DPL = Dosen Pembimbing Lapangan. Dosen yang membantu kalian selama KKN.

LPPM = Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, salah satu direktorat yang dimiliki oleh UGM. Bisa dibilang induk dari program KKN ini sih.

Nanti akan ada beberapa hal yang saya tambahkan lagi. Sebenarnya ada istilah seperti I1, U1, S1, LPK, LRK dll. Cuman sengaja saya enggak mau mengambil kesenangan LPPM untuk menjelaskan pada kalian. Ahaha

Serunya KKN (UGM terutama), kamu bisa memilih daerah-daerah terluar, terjauh, tertinggal di berbagai pelosok di Indonesia! Seru banget kan. Oke tunggu aja kelanjutan ceritanya. Hehe.


Kerjaan kita kalo habis rapat, selfie enggak jelas, dan ini salah satu hasil kebiadapan itu

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment